Sukses Skripsi Tepat Waktu

Screenshot_2016-09-04-13-59-51-1
(Gambar: news.okezone.com)

Bagi para mahasiswa, alumni perguruan tinggi, pasti  tidak asing dengan istilah yang satu ini. Yang pernah bergelut dengan karya tulis ini, sepertinya sepakat bahwa pada momen tersebutlah waktu, tenaga dan juga biaya banyak terkuras. Dan bagi adik-adik yang belum sampai pada tahap itu, persiapkanlah diri kalian karena pada fase itulah investasi konsentrasi dalam berbagai hal diperlukan lebih. Nah, lalu apa yang perlu dipersiapkan manakala masa itu tiba?

Sebagai orang yang beberapa kali melewati momen serupa, rasanya tidak berlebihan ataupun terkesan sombong diri untuk memberi saran, tips, trik atau apalah istilahnya terkait topik ini. Ada banyak cara, begitu banyak tips bertebaran di internet dan buku-buku yang bisa jadi rujukan. Namun kesempatan ini izinkan saya berbagi tentang ini berdasarkan pengalaman pribadi dan teman-teman,  barangkali saja cocok diterapkan pada anda dan tempat di mana teman-teman sekalian sedang kuliah.

Pada dasarnya susksesnya kita menyelesaikan skripsi kita sangat ditentukan oleh beberapa faktor;

  1. Faktor dari dalam diri
    Tak akan berubah nasib suatu kaum, jikalau bukan diri kaum itu sendiri merubahnya. Jadi faktor kemauan, semangat, daya upaya serta kesabaran menjadi kunci penting keberhasailan usaha anda, termasuk dalam hal penyelesaian skripsi.
  2. Faktor orang di sekitar
    Beberapa orang yang berperan dalam proses ini tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Orang tua, dosen, pembimbing serta teman-teman, sangat dibutuhkan dukungannnya dalam momen ini. Untuk itu, jalinlah komunikasi yang baik, jangan sungkan untuk meminta saran dan petunjuk pada mereka.
  3. Faktor sumber daya
    Bagi anda yang tidak lama lagi akan masuk pada tahap penulisan skripsi ini, sedini mungkin sudah punya kalkulasi, inventarisasi apa-apa yang menjadi kebutuhan. Alat, bahan serta biaya semestinya sudah mulai dipikirkan. Kalaupun belum atau terkendala dari salah satu keseluruhan hal tadi, mulailah cari jalan keluarnya.
  4. Faktor doa
    Mungkin ada yang kurang sepakat kenapa faktor doa ini saya tempatkan pada poin terakhir. Tapi percayalah saya masih sangat yakin bahwa campur tangan Tuhan adalah faktor utama. Untuk itu, sembari berusaha janganlah lupa untuk mengiringi setiap ikhtiar kita dengan doa. Benar kan doa selayaknya di posisikan di akhir? Ingat kata “mengiringi” itu. 😊

Untuk lebih menyederhanakan, mari kita bahas tahapan, proses demi proses penulisan skripsi, tugas akhir bahkan tesis. Tapi yang belum lunas spp atau mata kuliahnya masih ada yang belum lulus, sebaiknnya ente berhenti baca sampai di sini! 😊

Tahap pengajuan judul
Proses pengajuan judul ini terbilang gampang-gampang susah. Gampang manakala kita sudah persiapkan itu sejak jauh-jauh hari, dan menjadi susah mana kita tidak punya persediaan judul yang relefan, tidak layak menurut tim seleksi judul (pembimbing) atau ketua prodi. Nah, kalau misalnya kita mentok pada tahap ini, jangan berkecil hati. Cobalah menghadap pada dosen pembimbing akademik, ketua prodi, mintalah petunjuk pada mereka. Dosen-dosen saat ini lagi dipacu untuk riset dan riset, untuk itu gunakanlah momen tersebut. Siapa tau tema penelitian mereka cocok untuk memasukkan anda dalam bagian tim risetnya, dengan demikian bisa jadi kamu akan kebagian sub judul dari penelitiannya.

Sebagai tambahan, belajarlah berkomunikasi yang baik, jangan melampaui batas ego mereka, sopan santun adalah hal penting menghadapi dosen di Indonesia pada umumnya. Ingat mereka adalah orang-yang masih memegang erat budaya timurnya. Dekatilah sisi ‘manusiawi’ mereka, buatlah beliau-beliau itu terkesan bahwa kita sangat butuh mereka dan yang paling penting adalah bahwa anda bisa.

Taham penelitian dan penulisan
Dalam tahap ini ada beberapa proses yaitu; tahap proposal, penelitian dan pembuatan laporan hasil penelitian. Menurut pengalaman saya, proposal sebaiknya tidak lebih dari satu setangah bulan dengan seminarnya. Demikian juga proses penilitian, biasanya dua sampai tiga bulan dengan seminar. Sehingga tersisa waktu untuk konsultasi dan perbaikan. Buatlah grand schedule, schedule bulanan dan mingguan rencana beserta target waktu dari masing-masing tahapan tersebut.

Taha Seminar dan Ujian
Tahap ini bisa dikatakan sebagai pertanggung jawaban apa yang telah kita buat. Di beberapa kampus di Indonesia tahap ini terbagi menjadi dua bagian, ada juga yang dilaksanakan sekaligus. Untuk itu periksalah dengan seksama karya ilmiah yang telah dibuat. Bacalah berulang-ulang selain mempelajarinya, juga sebagai upaya review terhadap kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi.

Setelah proses ini, jika kamu dinyatakan lulus, maka itu artinya kamu sudah berhak menyandang gelar sarjana yang telah lama dinantikan itu. Mudah kan? Let’s do it!

Sekian.

2 thoughts on “Sukses Skripsi Tepat Waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.